MENGATASI RASA CEMAS


MENGATASI RASA CEMAS
Lukas 22:39-46

Pendahuluan
·         Tuhan Yesus adalah  manusia dan Allah 100%, kita bicara tentang kemanusiaa Yesus yang cemas.
·         Keringat Yesus bercampur darah; Ia berkata “Allahku-Allahku mengapa Engkau tinggalkan Aku, ada keterpisahan sesaat antara Allah dan Yesus, Yesus harus menanggung dosa.
·         Malaikat datang menampakkan diri uk menolong  (Lukas 22:43), uk menguatkan.
·         Kejadian-kejadian yang mencemaskan kita, ingatlah ada malaikat yang diutus uk menolong (Yohanes 18:3-8), ini adalah hasil dari kekuatan Allah yang Ia berikan kepada Yesus uk menghadapi masalah seberat apapun.
Faktor Kecemasan
1.      Akibat dosaà membuat kita tertuduh, rasa bersalah, jauh dari hadirat Tuhan, tidak ada damai sejahtera, hilangnya suka cita.  Dosa merampas sukacita yang Allah berikan kepada umat Manusia.
2.      Ketika kita menyatakan kebenaran ditengah-tengah mayoritas orang yang melakukan ketidak benaran. (II Kor 7:4-7) Tetapi Paulus memberi teladan bagaimana menang atas kecemasan.
3.      Kita cemas tentang biaya hidup (6:25-29;31-33).  Ingatlah bahwa kita ini ciptaan Allah dan tebusan Allah, ingat mengapa yg diciptakan pertama kali bukan manusia, ini menunjukkan bahwa Allah itu adalah Pribadi peduli, sudah mempersiapkan berkat-Nya uk umat-Nya.
4.      Keserakahan/cinta uang (I Timotius 6:10; Mzr 62:11) akar dari kejahatan yaitu cinta uangàJangan sayang harta itu tidak baik (Amsal 23:4-5; Roma 8:28) harta yang melimpah kadang membuat hati cemas (Filipi 4:13)àPrinsip utama adalah sikap kita dalam memandang uang, harta dll.  Prinsip itulah yang mempengaruhi hidup kita.
Bagaimana Mengatasi Kecemasan
1.      Kerjakan Bagian kita serahkan kepada Tuhan apa yang menjadi bagian-Nyaà “Awas dengan Messianic Syndrome!”
2.      Filipi 4:13àPercaya diri yang berdasarkan iman
3.      Evaluasi diri: Kebutuhan atau keinginan? (sekedar ambisi pribadi Filipi 4:19)
4.      Yang bisa dikerjakan, kerjakanlah, yang bisa diatasi, atasilah.  Yang diluar kemampuan kita, serahkan pada Tuhan saja! Tak perlu cemas!




Dalam KasihNya: Edipianus
Pastor di Indonesi Baptis Church

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POLA HIDUP ORANG PERCAYA

BERSABAR DALAM PENDERITAAN